Senin, 15 Juni 2015

"Game Maker"



Game maker merupakan aplikasi game editor yang dibuat oleh Mark Overmars yang bersifat free atau gratis. Aplikasi ini digunakan untuk membuat game 2D .
Keuntungan atau kelebihan menggunakan game maker
1.      Sangat mudah digunakan karena untuk membuat sebuah permainan cukup menggunakan drag-and-drop sederhana.
2.      Mudah dipelajari karena banyak terdapat tutorialnya
3.      Free atau gratis jadi tidak perlu mengeluarkan biaya
Komponen Game Maker
a.       Sprite
Sprite merupakan visualisasi gambar yang akan digunakan untuk mempresentasikan objek pada game. Sprite dapat berupa gambar diam dan dapt juga gambar animasi.
Komponen sprite
Keterangan:
1)      Kolom Name digunakan untuk mengisi nama sprite yang akan dibuat.
2)      Tombol Load Sprite digunakan untuk mengambil gambar yang akan dijadikan sprite.
3)      Tombol Edit Sprite digunakan untuk menjalankan editor membuat gambar.
b.      Object
Merupakan objek yang digunakan sebagai fungsi variable game. Pada fungsi ini sprite yang telah dibuat akan didefinisikan dengan memberikan event dan action.
Komponen Object Properties
Keterangan :
1)      Kolom name digunakan untuk mengisi nama objek
2)      Option sprite digunakan untuk memilih sprite yang akan dijadikan objek.
3)      Add event merupakan pilihan untuk memberikan event pada objek. Ada beberapa event yang dapat dipilih pada jendela event selector:
  a). Event create
Event create berfungsi untuk memberikan perintah awal dari sebuah action
  b). Event destroy
Event destroy berfungsi untuk mengakhiri atau menghentikan event.
  c). Event alarm
Event alarm berfungsi untuk memberi jeda waktu
 d). Event steep
Event steep berfungsi untuk memberikan perintah gerakan pada object.
  e). Event collision
Event collision berfungsi untuk melakukan hubungan antara object yang satu dengan object yang lainya.
  f). Event Keyboard
Event keyboard berfungsi untuk memberikan perintah kepada tombol-tombol yang ada pada keyboard.
  g). Event Mouse
Event mouse berfungsi untuk memberikan perintah pada mouse.
  h). Event Other
Berisi banyak event seperti view, game start, game end, room start, room end, no more live, no more health, animation end, end of path, close button, user definet, outside room dan intersect boundary.
   i). Event Draw
Event Draw berfungsi untuk menggambar health, live dan score.
   j). Event Key Press
Event key press berfungsi untuk memberikan perintah kepada tombol-tombol yang ada pada keyboard.
  k). Event Key Release
Event release berfungsi untuk memberikan perintah kepada tombol-tombol yang ada pada keyboard yang sudah di release.
4)      Action digunakan untuk memberikan beberapa perintah pada event, pada tool action terdapat sejumlah icon yang dapat digunakan sebagai action:
  a). icon move
Berfungsi untuk membuat gerakan
  b). icon jump
Berfungsi untuk membuat lompatan
  c). icon path
Berfungsi untuk membuat gerakan sesuai dengan path yang sudah dibuat
  e). icon object
Berfungsi untuk menambahakn object
   f). icon sound
Berfungsi untuk menambahkan sound
  g). icon room
Berfungsi untuk memberi action untuk berpindah ke room sebelumnya, sesudahnya maupun kembali ke room awal.
  h). icon score
Berfungsi untuk membuat score
   i). icon health
Berfungsi untuk membuat darah
   j). icon live
Berfungsi untuk membuat nyawa
  o). icon drawing
Berfungsi untuk menggambar score, nyawa dan darah.
c.       Background
Digunakan untuk memberikan tampilan pada game dalam bentuk gambar.
d.      Room
Digunakan untuk menerapkan objek pada ruang game, room dapat juga disebut dengan level game.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar